"@RHANY^_*9a*"

Kamis, 24 Februari 2011

BERTELEPON




Telepon berarti pesawat dengan listrik dan kawat untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya atau percakapan yang disampaikan melalui pesawat.
Telepon merupakan alat  komunikasi yang cukup efektif dalam menghubungi seseorang untuk memperoleh atau mengabarkan berita. Pada umumnya, telepon digunakan agar mempermudah hubungan atau komunikasi, walaupun tempatnya berjauhan.
Bertelepon berarti kamu berhadapan dengan orang lain walaupun tidak secara langsung bertatap muka. Untuk itu, kamu perlu mawas diri. Jangan sampai ucapan, kata-kata, atau kalimatmu menyinggung perasaan penerima. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan benar, kecuali mungkin dengan teman yan sudah kamu kenal.
Berbicara melalui telepon, sebaiknya dilakukan seperlunya, secara singkat dan jelas. Selain dapat menghemat biaya, secara tidak lagsung kita telah memberikan kesempatan pada pihak–pihak yang lain yang hendak memanfaatkan jasa telekomunikasi.
Berikut tata cara bertelepon:
1.     Ucapkan salam pembuka seperti halo, assalamualaiku, selamat siang, dan yang semacam itu.
2.    Sebutkan nama dan tujuan kita menelepon, misalnya Halo,selamat pagi, saya Santi. Bisa bicara dengan Malik?
3.    Dalam melakukan pembicaraan, lakukan dengan menggunakan kata-kata hemat, tetapi jelas dan mudah dipahami.
4.    Gunakan kata-kata dan bahasa yang santun, apalagi jika yang dituju adalah orang yang lebih tua.
5.    Akhir pembicaraan dengan ucapan terima kasih. Boleh juga ditambah dengan salam, seperti assalamualaikum, selamat sore, dan yang semacam itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

clock

 

^_^Triasrani~Ragil~Anjarwati^_^ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting